Cara Menampilkan Flashdisk Yang Tidak Terbaca

Cara Menampilkan Flashdisk Yang Tidak Terbaca – Perangkat penyimpanan eksternal seperti flash drive biasanya digunakan untuk menyimpan dan bertukar data antar komputer. Otomatis perangkat ini akan langsung dikenali saat terhubung dengan laptop atau komputer desktop. Namun ada beberapa kasus dimana flashdisk tidak terbaca, misalnya tidak muncul di folder My Computer, meskipun Anda yakin perangkat dalam kondisi baik.

Faktanya, ada beberapa alasan mengapa ruang menjadi tidak terbaca. Sebelum Anda membuangnya, cobalah jajaki segala kemungkinan yang ada karena masalah seperti itu bisa Anda atasi sendiri dengan sedikit usaha. Berikut beberapa cara mengatasi flashdisk tidak terbaca.

Cara Menampilkan Flashdisk Yang Tidak Terbaca

Ini adalah alasan yang paling mungkin atas apa yang terjadi. Karena bisa saja Anda melakukan kesalahan saat memformat flashdisk. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menggunakan alat manajemen disk Windows. Jadi, setelah menghubungkan USB ke laptop Anda, klik Start, lalu ketik Run dan tekan Enter. Di kotak dialog Jalankan, ketik discmgmt.msc dan tekan Enter.

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca, Ampuh Dan Terbukti Berhasil!

Kemudian jendela Manajemen Disk akan terbuka. Anda juga dapat melihat semua daftar perangkat eksternal di sana. Carilah nama drive Anda, meskipun USB tersebut tidak dikenali sebagai drive di laptop. Jadi jika Anda berhasil menemukannya, lanjutkan dengan memformatnya dengan benar agar Windows atau perangkat lain dapat mengakses dan mengenalinya.

Apa pun pilihannya, sebaiknya buat cadangan data yang tersimpan di flash drive Anda. Karena setelah diformat ulang, semua data akan terhapus secara otomatis. Jika Anda sudah mengetahui ancaman ini, klik kanan drive USB dan pilih Format.

Hal lain yang dapat menyebabkan masalah komunikasi antara drive USB dan laptop Anda adalah masalah driver. Jika driver rusak, hilang atau ketinggalan jaman, flash drive mungkin tidak dikenali oleh sistem. Misalnya, saat Anda menyambungkan perangkat USB baru ke laptop, sistem biasanya menampilkan pesan “Perangkat keras baru ditemukan” dan segera mulai menginstal driver. Namun, jika Anda membatalkan proses instalasi karena alasan apa pun, hal itu akan mengakibatkan kerusakan atau kegagalan.

Untungnya, Anda dapat menggunakan Device Manager untuk memeriksa status driver USB. Pada menu Start, ketik “devmgmt.msc” di kotak pencarian, lalu tekan Enter. Dengan jendela Device Manager terbuka, di bawah Universal Serial Bus Controller, klik dua kali untuk membuka daftar USB. Periksa apakah ikon tersebut memiliki tanda seru berwarna kuning. Tanda ini menandakan ada masalah pada driver.

Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca, Dan Cara Mengatasinya

Segera klik kanan pada ikon USB apa pun yang Anda temukan dan pilih Hapus. Segera restart laptop Anda dan jika semuanya berjalan lancar, Windows akan otomatis menginstal ulang port USB.

See also  Garnier Mens Untuk Kulit Berminyak Dan Berjerawat

Sistem operasi yang jarang diupdate juga bisa menyebabkan sistem gagal mengenali flashdisk. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan segera membuka Control Panel lalu pilih System and Security. Di bawah Pembaruan Windows, klik Periksa Pembaruan. Jika belum diperbarui (pemberitahuan kuning), pastikan untuk menginstal pembaruan dan ikuti petunjuk wizard. Setelah selesai, restart laptop Anda.

Dalam beberapa kasus, port USB mungkin tidak berfungsi karena kesalahan saat menginstal fitur perangkat lunak sistem operasi Windows. Misalnya Anda menginstal versi driver yang salah untuk sistem operasi Windows 64-bit dengan yang 32-bit. Jadi pastikan untuk menggunakan driver yang benar untuk Windows.

Jadi ada berbagai macam flashdisk yang tidak bisa terbaca oleh laptop atau komputer anda. Jika hal ini terjadi, jangan panik. Ikuti instruksi di atas. Namun jika semua cara tersebut gagal menyambung ke perangkat, kemungkinan besar port USB rusak atau port USB laptop rusak, sehingga harus segera diganti. Selamat mencoba, jalan!, Jakarta Flashdisk adalah perangkat penyimpanan eksternal yang terhubung melalui port USB. Namun seringkali saat menggunakan flashdisk, ada beberapa penyebab mengapa flashdisk tidak terbaca, yang tentunya menimbulkan kekhawatiran bagi penggunanya. Oleh karena itu, bagi Anda yang masih menggunakan flashdisk, perlu mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.

Cara Menampilkan File Dan Folder Yang Tidak Terbaca Pada Flashdisk

Penyebab flashdisk tidak terbaca bisa diketahui dengan cukup mudah karena merupakan masalah yang umum terjadi. Flashdisk dapat menyimpan data secara permanen bahkan setelah daya pada rangkaian flashdisk dari port USB dicabut. Oleh karena itu, jika flashdisk tidak terbaca dapat menimbulkan kepanikan di kalangan pengguna.

Masalah fisik seperti serangan virus dan malware, atau bahkan masalah terkait perangkat lunak dapat menyebabkan flash drive tidak terbaca. Memang jika dilihat dari harganya, flashdisk kini harganya sangat terjangkau, juga digunakan untuk menyimpan berbagai file seperti tugas kuliah dan data pekerjaan.

Alasan mengapa flash drive tidak terbaca adalah komponen dan perangkat palsu. Saat ini keaslian flashdisk yang tersedia di pasaran belum bisa dijamin keasliannya. Oleh karena itu, pastikan konektor USB tidak bengkok atau ada bagian yang hilang. Anda juga harus memastikan tidak ada benda asing di konektor USB dengan hati-hati menggunakan tusuk gigi atau Q-tip.

Adapun alasan mengapa flash drive tidak dapat dibaca, mungkin karena masalah perangkat keras pada port USB tertentu, jadi Anda dapat mencoba menghubungkannya ke port USB lain di komputer Anda. Jika berfungsi pada port USB lain, kemungkinan besar masalahnya ada pada port USB. Hindari menggunakan hub USB untuk menghubungkan drive.

See also  Demo Olympus Slot

Cara Mengatasi Dokumen Microsoft Word Yang Rusak Atau Corrupt

Drive USB yang diformat di Mac menggunakan sistem file Apple APFS atau HFS+, sehingga tidak dapat dibaca saat tersambung ke komputer Windows. Namun, ada aplikasi pihak ketiga seperti UFS Explorer yang memungkinkan Windows membaca drive USB berformat Mac. Jika drive USB disimpan di komputer yang menggunakan sistem bit berbeda (misalnya 32-bit atau 64-bit), maka drive USB hanya dapat berfungsi di komputer yang menggunakan sistem bit yang sama.

Salah satu penyebab flashdisk tidak terbaca biasanya karena serangan virus dan malware. Kondisi ini juga dipicu oleh penggunaan flash drive yang sering dihubungkan ke komputer desktop atau laptop secara bergantian dan dengan intensitas tinggi. Untuk mengatasi kondisi seperti itu, Anda bisa menghapus semua virus menggunakan aplikasi antivirus yang banyak tersedia dan gratis.

Terkadang penyebab flashdisk tidak terbaca biasanya adalah motherboard komputer. Jadi, setelah reboot penuh, flash drive dapat dibaca. Untuk melakukan ini, Anda perlu mematikan komputer Anda dan memutuskan sambungannya dari jaringan. Hal ini akan mencegah motherboard menyala dalam mode standby, jadi diamkan selama beberapa menit, sambungkan kembali komputer Anda, lalu hidupkan kembali. Periksa apakah drive USB dapat dibaca. Jika tidak, Anda mungkin perlu memperbarui driver USB atau memformat ulang drive USB.

Penyebab flashdisk tidak terbaca yang sering terjadi biasanya karena port atau konektor USB pada flashdisk tersebut kotor. Penyebab serupa mungkin muncul ketika Anda memiliki kebiasaan meletakkan flashdisk, laptop, dan komputer desktop di tempat yang kotor hingga debu masuk ke port atau konektor USB. Debu yang menutupi konektor akan mempengaruhi kinerja flash drive dan justru mempersulit desktop atau laptop Anda untuk membacanya.

Menggunakan Finder Untuk Berbagi File Antara Mac Dan Iphone, Ipad, Ipod Touch

Jika Anda sering menggunakan USB di laptop atau komputer dan memiliki kebiasaan melepas flashdisk tanpa melepasnya terlebih dahulu, hal ini dapat menyebabkan masalah pada flashdisk dan membuatnya sulit dibaca. Padahal, kebiasaan mengeluarkan flashdisk tanpa melepas atau mengeluarkannya mungkin menjadi salah satu penyebab flashdisk tidak terbaca.

Dengan menginstal ulang driver USB dan hanya menggunakan Windows, Anda dapat mengatasi masalah driver USB apa pun. Berikut cara mengatasi penyebab flashdisk tidak terbaca:

Jika Anda menggunakan Mac, dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini, Anda dapat mengatasi beberapa masalah USB dengan memulai ulang Pengontrol Manajemen Sistem (SMC).

Tekan dan tahan tombol daya selama 15 detik. Jika Anda memiliki Macbook dengan baterai yang tidak dapat dilepas, tekan dan tahan “Shift + Control + Option + Power” selama 15 detik.

See also  Cara Mencari Uang Tambahan Untuk Karyawan

Memperbaiki Hard Drive Eksternal Seagate Yang Tidak Terbaca Di Windows 7/8/10/11

Lakukan reset NVRAM, yang dapat memperbaiki masalah USB, dengan mematikan Mac Anda, lalu memulai ulang dan segera menekan “Command + Option + P + R” secara bersamaan.

* Fakta atau penipuan? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang tersebar, hubungi nomor verifikasi WhatsApp 0811 9787 670 dengan memasukkan kata kunci yang Anda inginkan. Bagi sebagian orang, kebutuhan akan flashdisk merupakan hal yang cukup penting. Pasalnya, flashdisk bisa berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dan file sementara bagi mereka yang membutuhkannya. Terkadang flash drive juga bisa sangat berguna sebagai tempat menyimpan salinan cadangan file-file penting. Namun ada kalanya flashdisk rusak parah hingga tidak bisa terbaca di laptop atau PC. Oleh karena itu, kali ini kami memberikan tips dan trik kepada pembaca yang akan membantu mereka mengatasi flashdisk tidak terbaca di komputer desktop/laptop dengan cara yang mudah dan praktis. Berikut pemaparan tipsnya. 1. Cek port USB di komputer/laptop anda Cara mengatasi flashdisk tidak terbaca yang pertama adalah dengan mengecek status port USB yang akan digunakan. Port USB di laptop Anda mungkin rusak dan tidak dapat membaca flash drive. Anda bisa mengeceknya dengan sangat mudah, Anda bisa mencoba menghubungkan flashdisk ke port USB laptop lain. Jika flashdisk dapat terbaca melalui port USB laptop lain, kemungkinan besar ada masalah pada port USB laptop tersebut. 2. Periksa flashdisknya. Selain port USB, kerusakan pada flashdisk juga harus diantisipasi. Anda dapat mengecek status flashdisk yang Anda gunakan saat ini, apakah sehat atau rusak. Pasalnya, jika flashdisk Anda rusak, otomatis laptop Anda tidak bisa membacanya. Untuk menguji flashdisk Anda, Anda bisa mencoba menghubungkan flashdisk lain ke port USB laptop Anda. Jika laptop Anda berhasil membaca flash drive lain, berarti flash drive Anda mungkin gagal atau rusak. Jadi wajar kalau laptop kamu tidak terbaca flashdisknya ya? 3. Mengecek dengan Scan dan Repair Disk Sebenarnya Windows mempunyai fitur untuk scan flashdisk. Scan juga di flashdisk ini

Cara format flashdisk yang tidak terbaca, cara menampilkan hardisk eksternal yang tidak terbaca, cara recovery flashdisk yang tidak terbaca, cara memulihkan flashdisk yang tidak terbaca, cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca, cara mengatasi flashdisk tidak terbaca, flashdisk yang tidak terbaca, cara memperbaiki flashdisk yang rusak tidak terbaca, cara menampilkan file flashdisk yang tidak terbaca, cara betulin flashdisk yang tidak terbaca, cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca, cara memunculkan flashdisk yang tidak terbaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *