Cara Menanam Durian Musang King Yang Benar

Cara Menanam Durian Musang King Yang Benar – Durian merupakan tanaman tropis yang banyak ditemukan di Asia Tenggara. Nama durian sendiri diambil dari bentuk buahnya yang runcing. Buah dari tanaman ini biasanya digunakan untuk membuat kue, dodol, es krim, dll. Varietas durian yang paling terkenal adalah Musang King yang berasal dari negara tetangga Malaysia. Durian ini terkenal di Malaysia dan Singapura. Durian ini terkenal dengan dagingnya yang tebal, manis dan lengket. Saat ini penanaman durian Musang King mempunyai prospek yang bagus. Prospek ekspor meningkat terutama di negara-negara seperti Tiongkok. Bagaimana tips menanam Durian Musang King? Mari kita simak pembahasannya bersama. Selamat membaca, sobat Tanya!

Durian Musang King merupakan salah satu jenis durian yang dapat ditanam di dataran rendah hingga ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Namun jika ingin durian ini menghasilkan buah yang maksimal, sebaiknya ditanam di dataran dengan ketinggian 400-600 meter di atas permukaan laut.

Cara Menanam Durian Musang King Yang Benar

Durian Musang King membutuhkan tanah yang subur dan menyukai daerah dengan curah hujan tinggi. Jenis tanah yang ideal untuk durian adalah gembur, lembab, subur dan kedalaman air lebih dari 1 m.

Cara Menanam Durian Bawor Agar Cepat Berbuah

Faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan durian Musang King sama dengan faktor eksternal yang mempengaruhi tanaman lain, antara lain unsur hara, iklim, dan jenis penyerbukan.

Tanaman durian bisa berbuah setelah 4-5 tahun. Padahal, pohon durian Musang King hanya bisa tumbuh setinggi 3-4 meter atau kurang dan sudah menghasilkan buah.

Untuk mengetahui cara menanam durian yang benar, Sobat Tania bisa menggunakan fitur budidaya yang ada di aplikasi Dokter Tania. Dengan ciri khas tersebut, cara budidaya durian menjadi mudah dipahami dan memberikan hasil panen yang melimpah. Mahasiswa jurusan Teknologi Pertanian konsentrasi Bioteknologi Pertanian Universitas Udayana dengan minat menulis. Selain bekerja sebagai penulis konten lepas, ia menulis artikel blog untuk sebuah LSM di Bali.

Ingin mencoba menanam Musang King Durian? Pada artikel bertani kali ini Pak Tani Digital berbagi tips sukses membudidayakannya.

Cara Menanam ‘rajanya Buah’ Durian Duri Hitam

Durian merupakan tanaman tropis yang banyak ditemukan di Asia Tenggara. Nama durian sendiri diambil dari bentuk buahnya yang runcing. Buah tanaman ini memiliki nama latin

Varietas durian yang paling terkenal adalah Musang King yang berasal dari negara tetangga Malaysia. Durian ini terkenal di Malaysia dan Singapura. Durian ini terkenal dengan dagingnya yang tebal, manis dan lengket.

Saat ini budidaya durian memiliki prospek yang bagus. Prospek ekspor meningkat terutama di negara-negara seperti Tiongkok.

See also  Masalah Tv Led Polytron Ada Suara Tidak Ada Gambar

Durian Musang King merupakan salah satu jenis durian yang dapat tumbuh dari dataran rendah hingga dataran rendah hingga ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut.

Bibit Durian Musang King Di Klungkung Cepat Berbuah

Namun jika ingin durian ini menghasilkan buah yang maksimal, sebaiknya tanamlah di dataran dengan ketinggian 400-600 meter di atas permukaan laut.

Durian Musang King membutuhkan tanah yang subur dan menyukai daerah dengan curah hujan tinggi. Jenis tanah yang ideal untuk durian adalah gembur, lembab, subur dan memiliki kedalaman air lebih dari 1m.

Faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan durian Musang King sama dengan faktor luar yang mempengaruhi tanaman lain yaitu: unsur hara, iklim dan jenis penyerbukan.

Sebelum menanam Durian Musang King, Anda perlu menyiapkan bibitnya terlebih dahulu. Tahapan penyiapan benih adalah sebagai berikut:

Musang King Kini Emas Baharu’

Tanaman durian bisa berbuah setelah 4-5 tahun. Padahal, pohon durian Musang King hanya bisa tumbuh setinggi 3-4 meter atau kurang dan sudah menghasilkan buah.

Demikian tips sukses menanam Musang King Durian. Nah sobat PTD, apakah tertarik untuk mencobanya? Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman-teman Anda! Semoga ini bermanfaat!

Ingin menjual hasil panen Anda langsung ke pembeli akhir? Silakan unduh aplikasi Pak Thani Digital Agricultural Marketplace di sini.

Novita Awalia Rahma adalah mahasiswa biologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Dajati Bandung. Memiliki gairah untuk menulis konten. Pengalaman kerja sebagai content writer untuk website pertanian… Anda perlu mengetahui tentang pengelolaan pohon durian super agar tanaman durian tumbuh dengan baik. Dengan suburnya pertumbuhan tanaman durian, maka dihasilkan produktivitas buah durian yang berkualitas baik.

Cara Budidaya Tanaman Durian Agar Cepat Berbuah

Buah durian yang dihasilkan dari pohon durian seringkali ditemukan kualitasnya jelek atau rendah. Lantas, bagaimana cara menanam durian yang baik agar produktivitas dan kualitasnya tinggi? Para petani durian paham betul bahwa buah durian awal dan buah yang dihasilkan mempunyai kualitas yang tinggi.

Ternyata ada 2 proses penting yang tidak bisa diabaikan. Mereka sedang dalam proses persiapan penanaman dan perawatan tanaman. Persiapan penanaman dapat dilakukan dengan memilih benih dan memilih serta mengolah lahan tanam yang sesuai. Sedangkan perawatan tanaman dilakukan pada saat tanaman masih muda dan tanaman durian sudah dewasa. Pengelolaan yang dikelola meliputi pengelolaan areal dibawah kanopi durian, dan perawatan tanaman durian dewasa meliputi pemupukan, penyiraman, pemangkasan, serta pengendalian hama dan penyakit.

Di bawah ini beberapa tips perawatan dan budidaya durian yang sederhana dan mudah agar tanaman tumbuh sehat dan cepat berbuah serta buah yang dihasilkan berkualitas:

See also  Cara Mendapatkan Ovo Cash Gratis 2020

Dalam pengelolaan pohon durian, penjarangan buah bertujuan untuk mencegah durian mati sehingga pohon tidak membuang tenaga pada proses pembuahan. Penjarangan mempengaruhi kelangsungan hidup, rasa buah, ukuran buah, dan laju pembuahan setiap tahunnya. Oleh karena itu penjarangan dilakukan bersamaan pada saat proses pembungaan, setelah selesai pembungaan sebaiknya penjarangan dilakukan keesokan harinya (jangan ditunda-tunda). Penjarangan dapat dilakukan dengan menyemprotkan hormon tertentu (Auksin A) pada saat bakal buah atau bakal buah baru berumur satu bulan. Pada saat ini, beberapa bunga terbuka dan menjadi subur. Saat hormon disemprotkan, bunga yang subur terus melakukan pembuahan, namun bunga yang tidak sempat melakukan pembuahan akan mati dengan sendirinya. Jumlah buah durian yang tipis ± 0-60% dari seluruh buah yang tersedia.

Cara Menanam Durian Musang King Agar Cepat Berbuah

Pengelolaan pohon durian memerlukan proses untuk menghindari persaingan antara tanaman dan rumput sekitar selama pertumbuhannya, perlu dilakukan penyiangan (diameter pohon durian ± 1 m).

Pemangkasan akar menghambat pertumbuhan tanaman hingga 40% ± 1 musim. Tanaman pada saat ini tidak dipotong, kecuali akarnya dipotong, tanaman cepat berbuah dan kualitas buahnya meningkat sehingga menarik, buahnya lebat dan tahan lama. Waktu terbaik untuk memotong akar adalah saat tanaman mulai berbunga, yaitu 2 minggu setelah berbunga. Jika melebihi batas maka hasil panen akan menurun dan pertumbuhan terhambat. Cara pemangkasan: kedua sisi barisan tanaman durian pada kedalaman 60-90 cm dan jarak 1,5-2 meter dari pangkal batang.

Dalam memelihara pohon durian, tanaman yang sudah tua dan kurang produktif perlu dilakukan peremajaan. Tanaman durian tidak harus dicabut, namun cukup dipotong. Potongan pangkas dibuat miring agar air hujan tidak tersisa, potongan dapat ditutup mania atau diplester dengan parafin untuk mencegah infeksi pada batang. Setelah 2-3 minggu pemangkasan (saat hujan) muncul tunas batang baru. Setelah tunas baru berumur 2 bulan, baru dapat dipindahkan. Cara mencangkok cabang sama dengan mencangkok tanaman muda (bibit). Ketinggian tanam dari permukaan tanah ± 1 – 1,5 m atau 2 – 2,5 m tergantung pemotongan batang utama. Batangnya tidak boleh dipotong terlalu dekat dengan tanah.

Cabang pembentuk tidak perlu dililitkan pada kawat, melainkan cukup diikat atau ditarik keluar dan dipaksa turun agar tanaman tidak tumbuh ke atas. Cabang pembentuk diikat dengan selotip agar cabang tidak rusak. Perban pelakunya diikat dengan tali, kemudian diregangkan dan diikat dengan rok. Dengan cara ini, cabang-cabang yang tadinya tumbuh lurus ke bawah akan tumbuh secara horizontal.

Durian Musang King, Durian Khusus Yang Berasal Dari Negeri Jiran

Langkah selanjutnya dalam memelihara pohon durian super adalah pemupukan. Kondisi tanah, kebutuhan pupuk tanaman, dan unsur hara tanah harus diperhatikan sebelum melakukan pemupukan. Berikut beberapa hal yang perlu diketahui tentang proses pemupukan pohon durian super:

See also  Kode Chip Domino Qiu Qiu

Pada tahap awal, buatlah parit di sekeliling tanaman. Garis tengah kompor sesuai dengan lebar kanopi kayu. Kedalaman banjir harus 20-30 cm. Tanah yang disekop terletak di pinggir. Setelah pupuk kandang tersebar merata di dalam lubang, tanah dikembalikan lagi untuk menutupi lubang. Setelah itu tanah diratakan kembali, bila tanah mengering segera disiram.

Jenis pupuk yang digunakan untuk pemupukan durian adalah pupuk kandang, kompos, pupuk hijau dan pupuk buatan. Tanaman akan tumbuh dengan baik bila dilakukan pemupukan yang tepat. Tiga bulan setelah tanam, durian memerlukan pemupukan tambahan dengan NPK (15:15:15) 200 g per pohon. Selain itu pemupukan tambahan dengan NPK dilakukan rutin setiap empat bulan sekali hingga tanaman berumur tiga tahun. Pemberian pupuk kandang/pupuk kandang organik pada tanaman setahun sekali pada musim kemarau sebanyak 60-100 kg per pohon. Pemupukan dilakukan dengan cara menggali lubang di sekeliling rimpang di bawah tajuk luar tanaman. Tanaman durian pada umur ≥ 3 tahun biasanya mulai membentuk batang dan tajuk. Setelah itu, setiap tahunnya durian membutuhkan tambahan pupuk NPK sebesar 20-25% dari dosis sebelumnya. Pada tahun ke-3 durian diberi pupuk NPC sebanyak 500g per pohon, disusul 600-625g NPC per pohon pada tahun ke-4. Kebutuhan pupuk pun meningkat, kebutuhan durian 120-200 kg/pohon 10:30:10 NPK sebelum berbunga. Pemberian pupuk ini dilakukan pada saat tanaman sudah selesai membentuk tunas baru (sebelum tanaman berbunga).

Merawat pohon durian super meliputi penyiraman dan penyiraman. Pohon durian membutuhkan banyak air untuk tumbuh, namun tanahnya tidak boleh jenuh dalam jangka waktu lama atau terlalu basah. Bibit durian yang baru ditanam perlu disiram sehari sekali, apalagi jika bibit ditanam pada musim kemarau. Setelah sebulan tanam, penyiraman tanaman bisa dikurangi menjadi tiga kali seminggu. Penanaman durian dalam skala besar mutlak membutuhkan sumber air

Durian Musang King

Teknik menanam durian musang king, cara menanam durian musang king dalam pot, cara menanam pohon durian musang king, cara menanam durian musang king kaki 3, jarak menanam durian musang king, cara menanam dan merawat durian musang king, cara menanam buah durian musang king, cara menanam durian musang king, menanam durian musang king, cara menanam biji durian musang king, cara menanam bibit durian musang king, cara menanam durian musang king dari biji

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *